Membangun Paradigma Baru Mengenai Konservasi Mamalia Di Indonesia

Konservasi mamalia tidak selalu di identikkan dengan kata-kata ”protection” atau perlindungan. Konservasi didalamnya menyangkut aspek-aspek antara lain perlindungan, pengawetan serta aspek pemanfatan. Perlu disadari bahwa selama ini kegiatan perlindungan berada pada urutan teratas dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Akan tetapi, aspek pemanfaatan terhadap keanekaragaman hayati terutama mamalia dirasakan masih sangat kurang.
Mammals adventural atau kegiatan petualangan dengan terjun di alam bebas berusaha mencari dan mengamati mamalia yang hidup di habitat alaminya. Kegiatan seperti ini mempunyai nilai prestige yang lebih tinggi daripada menikmati mamalia yang hidup di kandang, misalnya Kebun Ragunan, Taman Safari, atau yang lainnya. Tetapi, pada kenyataannya masih sedikit kawasan konservasi yang menawarkan paket wisata alam bebas untuk menikmati atau berpetualang mencari dan mengamati mamalia secara langsung di lapangan. Faktor finansial, kultural sangat berpengaruh dalam aspek pengelolaan kawasan konservasi di Indonesia pada umumnya. Namun, perlu disadari juga faktor lain misalnya sumberdaya manusia yang terlibat didalamnya juga merupakan kendala dimana upaya untuk meningkatan aspek pemanfaatan pada kawasan konservasi.
Mammals ecotourism menjadi salah satu alternatif pemanfaatan terhadap kawasan konservasi. Ekowisata mamalia yang berbasiskan pada kelestarian lingkungan habitat mamalia di Indonesia masih tergolong baru, namun tanpa disadari beberapa Taman Nasional telah menerapkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: